aspm1_resize_resize

 

Buku Analisis Situasi Pembangunan Manusia merupakan analisis terhadap berbagai hasil pembangunan manusia di Kota Magelang. Pembahasan buku ini meliputi posisi IPM Kota Magelang di Jawa Tengah, perbandingan dengan kabupaten/ kota lain di sekitar Kota Magelang dan perkembangan pembangunan manusia di Kota Magelang di bidang kependudukan, kesehatan, pendidikan, ekonomi dan ketenagakerjaan. Berbeda dengan penerbitan-penerbitan sebelumnya, untuk tahun ini ditambahkan bahasan mengenai korelasi realisasi anggaran terhadap capaian Indeks Pembangunan Manusia beserta komponen-komponennya. Pada akhir penulisan disampaikan kesimpulan dan rekomendasi yang diharapkan bermanfaat sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan di bidang pembangunan manusia.

Capaian IPM Kota Magelang pada tahun 2009 sebesar 76,37 meningkat 0,28 poin dari tahun sebelumnya, kembali menempatkan Kota Magelang pada peringkat 3 (tiga) se-Provinsi Jawa Tengah di bawah Kota Surakarta dan Kota Semarang. Dibandingkan dengan wilayah sekitar, seperti tahun-tahun sebelumnya Kota Magelang menempati peringkat pertama diantara Kabupaten Magelang, Purworejo, Temanggung, Wonosobo dan Kota Salatiga.

 

Besarnya capaian IPM Kota Magelang tahun 2009 didukung oleh semua komponen penyusun IPM yang mengalami kenaikan dibandingkan tahun 2008 yaitu Indeks Angka Harapan Hidup sebesar 70,17 (meningkat 0,06 point), Angka Melek Huruf sebesar 97,25 (meningkat 0,08 point), Rata-Rata Lama Sekolah sebesar 10,10 tahun (meningkat 0,10), dan Indeks Hidup Layak sedikit mengalami perbaikan dari Rp. 645.910,- pada tahun 2008 menjadi Rp.648.060,- pada tahun 2009.

 

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai produk ini, dapat langsung datang atau menghubungi kami di:

 

KANTOR PENELITIAN PENGEMBANGAN DAN STATISTIK

Jl. Jenderal Sudirman No. 46 Magelang Telp. (0293) 360800

 

>>redaksi <<