Di penghujung tahun 2017, pada Kamis 21 Desember 2017 Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Magelang melaksanakan Penguatan SIDa. Tri Yuni Atmojo, ST, MSi Kepala Bidang Kelitbangan dan IPTEKIN Bappeda Provinsi Jawa Tengah, menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut.

Paparan narasumber diawali dengan transisi abad 20 menuju abad 21 ditunjukan dengan adanya pergeseran Negara Agraris menuju Negara Industri yang terjadi pula di Indonesia. Antisipasi tersebut dilakukan dengan inovasi yang didasarkan pada regulasi Undang-undang 23 Tahun 2014 pasal 390 yang kemudian dikuatkan dengan Peraturan Pemerintah nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah.

Inovasi merupakan salah satu solusi dalam percepatan pelaksanaan pembangunan yang menjadi fokus nasional. Oleh karenanya pemerintah memberikan ruang kepada semua lapisan masyarakat baik anggota DPRD, Kepala Daerah, Kepala OPD, ASN maupun masyarakat untuk melakukan inovasi.

Sebelum dilaksanakan paparan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Magelang memberikan sambutan sekaligus membuka secara resmi acara tersebut. Dalam sambutannya Kepala Balitbang Kota Magelang, menyampaikan apresiasi terhadap semua stakeholder yang telah menunjukan dedikasi dan komitmennya dalam mengawal Kota Magelang menuju visi Kota Cerdas.

Tahun 2017 melalui Balitbang, prestasi dan target-target yang dicapai ditandai dengan beberapa penghargaan diantaranya :

  1. Anugerah Budhipraja, komitmen terhadap inovasi yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti RI, dimana Kota Magelang untuk tahun 2017 merupakan tahun kedua memperoleh penghargaan tertinggi di bidang teknologi tingkat Nasional pada tanggal 10 Agustus 2017 di Makassar.
  2. Anugerah Kepala Daerah Pelopor Inovasi, penghargaan tingkat Provinsi Jawa Tengah yang diperoleh atas dedikasi Kepala Daerah terhadap Inovasi pada tanggal 15 September 2017 di Pekalongan.
  3. Innovative Goverment Award Tahun 2017, penghargaan tingkat Nasional dari Kemendagri yang diperoleh Kota Magelang atas tata kelola pemerintahan, pelayanan publik dan kewenangan lain pada tanggal 18 Desember 2017 di Jakarta..

Dalam penguatan SIDa ini menghadirkan perangkat daerah di Kota Magelang dan masyarakat untuk lebih mengetahui tentang inovasi daerah dan diharapkan sebagai stimulan dalam mendorong berbagai stakeholder tersebut untuk berinovasi.


Add comment


Security code
Refresh