Dalam rangka meningkatkan budaya IPTEK dan pengembangan SDM yg berkualitas, Pemerintah Kota Magelang melaksanakan program penumbuhkembangan kreativitas khususnya pada siswa SLTP melalui kegiatan robotika. Robot soccer competition 2018 ditujukan untuk meningkatkan kreativitas IPTEK melalui kegiatan permainan edukatif dan sebagai ajang koordinasi kelembagaan pendidikan dasar tingkat SLTP dengan perguruan tinggi. Tema workshop kali ini adalah "Learn and fun, together with robot soccer competition".

Kegiatan workshop dilaksanakan melalui penyampaian materi dan praktek perakitan robot sebelum pelaksanaan lomba yang diagendakan pada bulan Juli 2018. Peserta workshop terdiri dari 19 SLTP negeri dan swasta di lingkungan Kota Magelang dengan total 50 tim yang masing masing terdiri dari 2 pelajar dan 118 guru pendamping. Technical guide terdiri dari 10 dosen dan 30 mahasiswa dari IST AKPRIND Yogyakarta.

Dalam sambutannya. Kepala Balitbang Kota Magelang, Drs. Arif Barata Sakti, MT mengemukakan bahwa tuntutan zaman mengharuskan kita untuk mau tidak mau mulai menginisiasi adanya pembelajaran robotika. Melalui kegiatan ini diharapkan terwujud suatu interaksi dan sinergi dalam bidang sains khususnya bidang robotika. Hal ini sesuai dengan salah satu poin dalam visi Kota Magelang yaitu mewujudkan kota cerdas. Dalam jangka panjang, hasil pembelajaran robotika diharapkan mampu membentuk embrio SDM yang berkualitas, visioner, melek teknologi dan mampu mengembangkan diri dan masyarakat Kota Magelang


Add comment


Security code
Refresh