Bertempat di Jakarta, pada Sabtu 28 Oktober 2017 Pemerintah Kota Magelang berkesempatan memaparkan 5 (lima) inovasi Perangkat Daerah Unggulan yang disampaikan secara langsung oleh Bapak Walikota Magelang dengan didampingi Kepala Balitbang, Kepala Bappeda, Kepala Diskominsta, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kepala Dinas Perhubungan dan para pejabat yang menguasai inovasi dari masing-masing perangkat daerah. Dalam kesempatan paparan tersebut Bapak Walikota menjelaskan inovasi :

  1. Badan Penelitian dan Pengembangan dengan materi Krenova Kota Magelang dan Kampung IT,
  2. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dengan materi Masterplan Smart City,
  3. Dinas Lingkungan Hidup dengan materi Kampung Organik dan SIPPUT.
  4. Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik dengan materi DataGo
  5. Dinas Pehubungan dengan materi ATCS Audio Annoncer dan Cek KIR Online.

Paparan dilaksanakan selama 75 menit dilanjutkan dengan tanya jawab selama 45 menit, tanya jawab dilakukan oleh para penilai yang berasal dari Kemdagri, Kemristekdikti, KemenPANRB dan LAN.

Para Penilaian IGA memberikan apresiasi terhadap inovasi yang dilaksanakan di Kota Magelang yang telah dilaksanakan secara konsisten dan berkelanjutan. Di samping itu inovasi yang dilaksanakan di Kota Magelang memberikan dampak kepada perekonomian di wilayah Kota Magelang. Peningkatan perekonomian tersebut didukung dengan menurunnya tingkat pengangguran terbuka, meningkatnya pertumbuhan ekonomi, menurunnya angka kemiskinan dan meningkatnya Indeks Pembangunan Manusia dalam kurun waktu 5 (lima) tahun mulai 2011-2015.

Kota Magelang bersama dengan 9 (sembilan) Kota lainnya dari seluruh Indonesia yang lolos memiliki kesempatan yang sama dalam paparan IGA dengan waktu paparan yang telah ditentukan oleh Badan Litbang Kemdagri selaku panitia. Pada tahapan selanjutnya akan dlaksanakan peninjauan lapangan untuk melengkapi penilaian dan penentuan peringkat penghargaan IGA 2017.

 


Add comment


Security code
Refresh