Bertempat di Aula Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Magelang, tanggal 25 April 2018 melalui kegiatan Pengembangan dan Penerapan Teknologi dan Inovasi, dilakukan paparan awal dalam menindaklanjuti Hasil Krenova Tahun 2018 yang sudah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. 

Dalam sambutannya Kepala Balitbang menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk pertama kalinya sebagai salah satu komitmen Pemerintah Kota Magelang dalam mendorong kreativitas dan inovasi secara cerdas menuju hilir (komersialisasi). Karya Krenova sudah mulai diarahkan tidak dalam tataran kompetisi semata, namun sudah mulai diimplementasikan dalam bentuk prototipe, karena dominasi karya-karya yang ada memiliki kecenderungan bahwa inventor belum mampu untuk mengembangkan sesuai kaidah yang berlaku.

Produk para inventor diseleksi oleh Tim dari Balitbang dengan memperhatikan prospek ke depan apakah produk tersebut marketable atau tidak. Beberapa karya yang ditindaklanjuti di antaranya Gepoktan, Restrainer Bazsain, Alat Panggang Otomatis, Grey Water Park dan Alat Timbang Portabel. 

Produk-produk tersebut nantinya akan dipajang di Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Magelang sehingga pada saatnya nanti, masyarakat, dunia akademik maupun dunia usaha bisa belajar, mengembangkan maupun memproduksi massal.

Di samping itu sebagai bagian dari upaya untuk mengetahui level Tingkat Kesiapterapan Teknologi (TKT) terhadap produk yang telah dikembangkan ini, didesiminasikan hasil pengembangan produk teknologi masyarakat, meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap produk teknologi yang dihasilkan melalui pengembangan hasil produk yang berguna untuk masyarakat serta ajang pertemuan inventor dengan perguruan tinggi.

Dalam proses pengembangan ini dilakukan kerjasama dengan Institut Science Teknologi AKPRIND Yogykarta, yang mendukung pengembangan teknologi ini sebagai dukungan secara substansi dalam menciptakan prototipe.

 


Add comment


Security code
Refresh