Tahun ini merupakan tahun ke 15 pelaksanaan Krenova di Kota Magelang dan sudah menghasilkan sebanyak 291 karya dengan akumulasi peserta sebanyak 418 orang yang terdiri dari Laki-laki sebanyak 273 orang dan perempuan sebanyak 145 orang. Sementara itu komitmen pemerintah selama 15 tahun untuk kegiatan krenova telah menggunakan anggaran sebesar 902.429.000.

Hasil yang dicapai dalam kurun waktu apabila dilihat dari perjalanannya dipastikan bahwa setiap tahun selalu menghasilkan karya-karya masyarakat yang diakui oleh Provinsi Jawa Tengah. Sejak tahun 2005 sampai dengan tahun 2017, karya Krenova Kota Magelang telah mampu berkompetisi di tingkat Provinsi.

Sebagai kota yang tidak memiliki kekayaan sumber daya alam, Kota Magelang perlu memiliki keunggulan kompetitif di bidang sumber daya manusia. Salah satu indikasi dari keunggulan sumber daya manusia adalah penguasan dan peningkatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek). Penguasaan dan peningkatan Iptek dimaksud bukan hanya dalam tataran teori ataupun wawasan keilmuan belaka, tetapi lebih pada pengaplikasiannya untuk kesejahteraan masyarakat.

Potensi-potensi baru ataupun pengembangan harus terus digali agar dapat memunculkan suatu produk unggulan/ andalan daerah agar mampu meningkatkan pendapatan masyarakat/ daerah. Budaya kreatif dan inovatif pada masyarakat Kota Magelang yang merupakan bagian utama dari Mentalitas Pembangunan harus terus dipacu dan dimotivasi. Salah satu upaya pemerintah untuk memacu dan memotivasi budaya Iptek di masyarakat adalah dengan kegiatan Penyelenggaraan dan Penjaringan Kreasi dan Inovasi Masyarakat (KRENOVA) yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2004 sampai dengan tahun 2018 ini.

MAKSUD DAN TUJUAN

  1. Memberikan penilaian terhadap masing-masing penemuan yang telah masuk, sehingga bisa atau tidak dikategorikan sebagai bentuk penemuan teknologi baru/ pengembangan, kreativitas ataupun inovasi.
  2. Memberikan masukan/ saran terhadap para penemu, sehingga bisa semakin mengembangkan hasil karyanya.
  3. Memotivasi para penemu agar terus berkreasi dan menunjukkan keseriusan perhatian pemerintah terhadap pengembangan budaya Iptek sehingga secara tidak langsung akan memotivasi masyarakat lainnya.
  4. Memberikan rekomendasi/ usulan kepada Walikota dalam pemberian Penghargaan Kreativitas dan Inovasi.

Dalam rangkaian pelaksanaan kegiatan Penjaringan Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova), penemuan-penemuan teknologi pada tahun 2018 perlu segera dilakukan penilaian.

Dibandingkan dengan Pelaksanaan krenova tahun 2017, Pada tahun 2018 ini memiliki hasil yang membanggakan, diantaranya :

  1. Jumlah Peserta yang terjaring sampai dengan hari Senin tanggal 13 Maret 2017 sebanyak 39 Karya yang terdiri dari peserta individu dan kelompok dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang. Jumlah tersebut sebanyak 43 laki-laki dan 7 perempuan. Terjadi Jumlah peserta yang sama pada tahun 2018, yaitu sebanyak 50 orang peserta, namun sampai hari Jumat tanggal 9 Maret 2018 jumlah karya yang terdata sebanyak 46 temuan namun yang lolos pada verifikasi administrasi sebanyak 32 temuan dari total sebanyak 46 karya yang diseleksi, dari sisi kuantitas menurun 18 % namun kualitasnya cukup bervariatif dengan jumlah peserta laki-laki sebanyak 44 orang dan perempuan 6 orang
  2. Kriteria penilaian menggunakan referensi dari Provinsi Jawa Tengah namun dikembangkan lebih lengkap yang secara umum terdiri dari Orisinalitas / Kepioniran, Penerapan di Masyarakat, manfaat dan keberlanjutan karya. Dalam penilaian ini akan diambil sebanyak 10 karya terbaik.  Penilaian dilakukan oleh 5 penilai yang terdiri dari : Ketua : Andjar Prasetyo, SE, MSi – Kandidat Peneliti Madya pada Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Mageang. Anggota : Catur Adi Subagio, SH, Kepala Bidang Badan Pengembangan dan Penerapan IPTEK dan Harmonisasi Inovasi Balitbang Kota Magelang. Anggota : Oesman Raliby, ST, MEng, dosen Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Kota Magelang. Anggota : Sigit Priambodo, ST, MT dari Institut Science dan Tekhnologi AKPRIND Yogyakarta Anggota : Doddy Ardjono, SH, wartawan senior Suara Merdeka. Jadwal penilaian dilaksanakan selama 2 hari yaitu  tanggal 14 Maret 2018 dan tanggal 15 Maret 2017.

Add comment


Security code
Refresh