Aula Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Magelang pada Rabu, 8 November 2017 menjadi awal pelaksanaan Diseminasi Hasil Inovasi OPD. Acara yang dihadiri oleh semua Kepala OPD dan BUMD se Kota Magelang tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil pelaksanaan penilaian Inovasi OPD yang telah dilaksanakan beberapa waktu. Diseminasi ini dimaksudkan sebagai kegiatan yang ditujukan kepada kelompok target atau individu agar mereka memperoleh informasi, timbul kesadaran, menerima, dan akhirnya memanfaatkan informasi tersebut, atau proses penyebaran inovasi yang direncanakan, diarahkan, dan dikelola.

Dalam kesempatan itu Kepala Balitbang membuka acara secara resmi dengan memberikan penekanan terhadap perlunya inovasi OPD dan BUMD. inovasi merupakan salah satu cara untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan, termasuk didalamnya Inovasi Daerah. Oleh karena itu Badan Penelitian dan Pengembangan memiliki tanggung jawab dalam mengawal inovasi daerah untuk kepentingan bersama dan hal ini juga merupakan komitmen Bapak Walikota Magelang terhadap arti penting kreativitas dan inovasi di Kota Magelang. Salah satu hasil nyata yang menjadi awal sejarah inovasi di Kota Magelang adalah karya yang akan dipaparkan pada hari ini, SIPPUT dan ATCS Audio Annoncer yang mendukung Innovative Goverment Award (IGA) yang dipaparkan Bapak Walikota pada Sumpah Pemuda tahun 2017 lalu di depan Tim Penilai, yang menjadikan Kota Magelang menjadi salah satu kandidat kuat untuk mendapatkan penghargaan IGA tersebut.

Berkaitan dengan inovasi daerah seperti telah kita ketahui bersama bahwa fokus saat ini terletak pada tiga kategori, yakni: Tata Kelola Pemerintahan, Pelayanan Publik dan  Urusan Pemerintahan Lainnya yang kemudian dijabarkan secara lebih terperinci pada sub-sub bidang koheren ketiganya guna mengakselerasi realisasinya, segenap potensi kelembagaan, sumberdaya dan jejaring diarahkan pada perwujudan inovasi daerah untuk kesejahteraan masyarakat.

Salah satu implementasi hal tersebut adalah Kegiatan Inovasi OPD BUMD Kota Magelang yang memberikan penghargaan kepada OPD BUMD Kota Magelang, baik secara perorangan maupun kelompok, yang mampu menghasilkan inovasi kreatif dalam berbagai urusan concurent yang ditangani baik dasar maupun wajib, yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sasaran yang akan dicapai dalam kegiatan Inovasi OPD BUMD adalah untuk meningkatkan kepedulian serta menumbuhkan kesadaran bersama dalam menghasilkan dan memanfaatkan IPTEK untuk mendukung kegiatan, sehingga bisa meningkatkan produktivitas.

Sinergi dengan dunia usaha juga dilakukan dalam diseminasi inovasi OPD BUMD ini Balitbang menggandeng PT Aston Graphindo Indonesia yang mengedukasi inovasi penggunaan toner untuk proses cetak dengan menggunakan printer laser secara smart. Asisten Sales Manager Aswin Idham F, yang hadir dengan tim riset dan inovasinya, menjelaskan bahwa penggunaan printer laser saat ini masih banyak yang belum memahami sehingga tidak disadari terjadi pemborosan biaya.

Aswin juga mengedukasi peserta Diseminasi dengan menjelaskan berbagai hal tentang komparasi produk, masa simpan cartridge toner baik OEM, Refill, Remanufaktur dan Compatible yang beredar di pasaran. Inovasi yang dilakukan PT Aston adalah produk assembly yang mengkostumasi produk berdasarkan kebutuhan pengguna, masa simpan dan purna jual.


Add comment


Security code
Refresh