Jumat, 21 Juli 2017 di Lantai 2 Technology Business Incubation Center (TBIC) Serpong, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Magelang, Drs. Arif Barata Sakti, MT didampingi Kepala Sub Bidang Penguatan dan Harmonisasi Inovasi serta Peneliti Balitbang Kota Magelang melaksanakan pertemuan dengan tiga pengelola Workshop Technopreneurship TBIC, Edy Margana, Ganang Sukoco dan Priyono. TBIC dikelola oleh Kepala Bidang Kerjasama dan Bisnis Teknologi dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PUSPIPTEK). adanya TBIC diharapkan dapat menjadikan Puspiptek sebagai pusat pengembangan kewirausahaan berbasis teknologi.

Pertemuan tersebut merupakan agenda implementasi Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Kota Magelang dengan Technology Business Incubation Center dalam sinergi penelitian, pengembangan dan komersialisasi produk inovasi di Kota Magelang. Upaya ini merupakan upaya nyata dalam pengembangan IPTEK dan Penguatan Inovasi di Kota Magelang yang berkolaborasi dengan Technology Business Incubation Center  dalam mendorong visi Kota Magelang tahun 2016-2021, “MAGELANG SEBAGAI KOTA JASA YANG MODERN DAN CERDAS DILANDASI MASYARAKAT SEJAHTERA DAN RELIGIUS” dan mendukung Masterplan Smart City Kota Magelang tahun 2016-2021.

 

 

Dalam pertemuan yang akrab dan responsif tersebut dibahas tentang bagaiamana menindaklanjuti invensi di Kota Magelang yang direncanakan dalam bentuk workshop technopreneurship. Tujuan workshop difokuskan kepada bagaimana para inventor mampu menyusun proposal bisnis selama 2 (dua) hari berturut-turut sehingga nantinya ketika para inventor tersebut mampu menyusun proposal bisnis akan memiliki akses pembiayaan sebagai upaya mengkomersialisasikan invensinya. Workshop ini merupakan jawaban dari tindak lanjut hasil inovasi yang tidak hanya berhenti pada tahapan kompetisi dan penghargaan, namun mampu memberikan pemahaman dan arah bagaimana tahap selanjutnya inovasi tersebut dikembangkan.

Materi Magelang Workshop Technopreneurship 2017 direncanakan terdiri dari

  1. Program Inkubasi Produk BerbasisTeknologi dari Puspiptek Kemenristekdikti
  2. Komersialisasi Produk Berbasis Teknologi dari Pusat Teknoprener dan Kluster Industri BPPT
  3. Kisah sukses pengusaha muda inovatif dari Kota Magelang
  4. Skema Pembiayaan bagi Usaha pemula dan UKM dari Lembaga Keuangan
  5. Penyusunan Rencana Bisnis Inovatif (Bisnis Plan) ri Pusat Teknoprener dan Kluster Industri BPPT
  6. Mentoring Penyusunan Proposal Bisnis Plan dari Tim TBIC dan BPPT
  7. Paparan Peserta Magelang Workshop Technopreneurship 2017.

Workshop akan berlangsung selama 2 (dua) hari yang merupakan kegiatan pertama kali di tingkat Kabupaten Kota di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Adapun teknis pelaksanaan Magelang Workshop Technopreneurship 2017 direncanakan pada bulan Agustus 2017, dimana dalam salah satu kesekapatan peserta berasal tidak hanya dari para inventor di Kota Magelang namun juga akan berasal dari 34 Kabupaten Kota yang berada di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Peserta dari Kota Magelang difokuskan berasal dari hasil Penjaringan dan Penyelenggaraan Kreativitas dan Inovasi Kota Magelang (KRENOVA) dari tahun 2004 sampai dengan tahun 2017, yang sudah mencapai 259 karya sesuai dengan timeline Krenova Kota Magelang.

 

 

Output utama Magelang Workshop Technopreneurship 2017 ini adalah terjaringnya hasil inovasi dalam bentuk proposal yang benar dan ideal. Proposal tersebut merupakan proposal yang akan direkomendasikan oleh Technology Business Incubation Center dalam mengakses skema pembiayaan yang disediakan oleh Kemenristekdikti dan lembaga perbankan lingkup lokal maupun regional.

Magelang Workshop Technopreneurship 2017 diharapkan mampu memberikan arah dan tujuan yang jelas terhadap hasil inovasi dalam menuju komersialisasi di Kota Magelang khususnya dan Kabupaten Kota di Jawa Tengah pada umumnya. Semoga Magelang Workshop Technopreneurship 2017 bisa direalisasikan sesuai dengan target dan sasaran yang sudah direncanakan bersama.

Admin : Andjar


Add comment


Security code
Refresh