Pembangunan IPTEK pada hakekatnya ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam rangka membangun peradaban bangsa. IPTEK yang tinggi akan mampu mengangkat derajat peradaban bangsa, meningkatkan efisiensi dan efektifitas, menghasilkan produk yang lebih bernilai, serta memudahkan pencapaian tujuan. Kontribusi IPTEK adalah merubah sistem kerja yang semula manual dan tradisional menjadi lebih cepat, efektif, dan efisien, karena berkembangnya teknologi informatika, telematika, komputer, bioteknologi, automotif, dan lain sebagainya. Kemampuan IPTEK daerah yang tinggi juga akan meningkatkan daya saing daerah, terutama di jaman pasar global seperti sekarang ini.

Fenomena yang berkembang pada masyarakat Kota Magelang secara umum adalah, budaya masyarakat yang belum mencerminkan nilai-nilai IPTEK yang mempunyai penalaran obyektif, rasional, maju, unggul, dan mandiri. Pola pikir masyarakat belum berkembang ke arah yang lebih suka mencipta daripada sekedar memakai, lebih suka membuat daripada sekedar membeli, serta lebih suka belajar dan berkreasi daripada sekedar menggunakan teknologi yang sudah ada. Kreatifitas dan kemampuan inovasi masyarakat perlu dipacu, agar mampu menghasilkan berbagai produk yang potensial dan berguna bagi kesejahteraan rakyat. Program KRENOVA sebagai bentuk penghargaan bagi setiap orang yang berkarya perlu terus dikembangkan dan dilanjutkan.

PENGERTIAN

Program Kreatifitas dan Inovasi Masyarakat (KRENOVA) adalah kegiatan pemberian penghargaan kepada masyarakat luas yang telah melakukan suatu penemuan atau karya di bidang IPTEK yang tidak terikat dengan institusi pemerintah atau institusi resmi lainnya, untuk menggugah serta memacu kreatifitas serta rekacipta dalam bidang IPTEK.

Program ini merupakan mekanisme yang menitik┬Čberatkan pada kreatifitas serta penggalian potensi inovasi masyarakat yang dapat dimanfaatkan secara langsung, sehingga tercipta kegiatan sosial ekonomi yang mampu menghasilkan produk, proses, dan jasa serta modal sosial yang bernilai tambah dan berdaya saing tinggi.

MAKSUD DAN TUJUAN

  1. Maksud
    Maksud diterbitkannya Panduan Penyelenggaraan KRENOVA ini adalah agar memudahkan pengusul dalam mengajukan hasil karya kreativitas dan inovasi masyarakat untuk mendapatkan penghargaan.
  2. Tujuan
    Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan penghargaan kepada warga/masyarakat Kota Magelang, baik secara perorangan maupun kelompok, yang mampu menghasilkan inovasi kreatif dalam bidang IPTEK, yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

LINGKUP KEGIATAN

  1. Penyebaran informasi dan Sosialisasi kegiatan KRENOVA
  2. Penerimaan data calon peserta KRENOVA
  3. Seleksi administrasi dan substansi proposal KRENOVA
  4. Tanya-jawab, Penilaian, dan Fact Finding
  5. Penetapan hasil penilaian KRENOVA.
  6. Penghargaan KRENOVA

Add comment


Security code
Refresh