PEMANFAATAN LPG SEBAGAI BAHAN BAKAR KENDARAAN KAITANNYA DENGAN KINERJA SISTEM PENDINGINAN MESIN MOBIL (PENELITIAN PADA MESIN 1500 INJEKSI SISTEM BI-FUEL LPG/BENSIN)

 

Oleh: Andy Efendi, Muji Setiyo

Program Studi Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Magelang

 

Pada mesin berbahan bakar LPG, akan terjadi fenomena pembakaran kering dan tidak menghasilkan efek pendinginan dalam (inner cooling). Hal ini menyebabkan ruang bakar dan elektroda busi menjadi lebih panas yang berpengaruh terhadap temperatur air pendingin. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan membandingkan temperatur kerja mesin berbahan bakar LPG terhadap pemakaian bahan bakar bensin. Metode riset yang digunakan adalah metode eksperimen, sebuah alat pengukur temperatur dipasang pada selang sisi atas radiator untuk mengukur perubahan temperatur kerja mesin. Objek yang digunakan adalah mesin Toyota 5A- FE dengan converter kitsHansung C-081. Dari hasil pengukuran dan olah data diperoleh bahwa tidak terjadi perubahan signifikan antara temperatur kerja mesin LPG dengan bensin. Temperatur kerja untuk kedua jenis bahan bakar (LPG dan bensin) berkisar antara 760C sampai 800C dan dicapai sekitar 30 menit setelah mesin hidup pada putaran stasioner 700 rpm.

 

 

Kata Kunci : LPG, Temperatur, Air Pendingin

 

 

 

 

Add comment


Security code
Refresh