Tim Sekretariat Fasilitasi Peningkatan Kapasitas BPPD Provinsi/Kabupaten/ Kota Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Dirjen Kelembagaan Iptek dan Dikti, sebanyak 4 (empat) orang pada hari Rabu, 07 Maret 2018  berkunjung ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Magelang. Maksud kunjungan dalam rangka sosialisasi Fasilitasi Peningkatan Kapasitas BPPD Provinsi/Kabupaten/Kota. Dalam kunjungan tersebut diterima langsung oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Magelang.

Sosialisasi dilatar belakangi karena Iptek, inovasi, dan sistem inovasi menjadi kata kunci yang sangat penting bagi tercapainya pembangunan dan daya saing nasional. Penguatan sistem inovasi nasional (SINas) mencakup penguatan kelembagaan, sumber daya, jaringan  iptek dan peningkatan relevansi, produktivitas riset, dan pendayagunaan iptek dalam rangka peningkatan kontribusi iptek terhadap daya saing daerah, pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kemenristekdikti memprakarsai kegiatan Fasilitasi Peningkatan Kapasitas BPPD Provinsi/Kabupaten/Kota sebagai Koordinator Penguatan SIDa yang dapat digunakan sebagai acuan daerah untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitasnya dalam menjalankan peran dan fungsinya serta mendukung kepentingan stakeholder di pusat dan daerah, terutama dalam penguatan SIDa. Tahun 2018 merupakan tahun ke enam pelaksanaan kegiatan Fasilitasi Peningkatan Kapasitas BPPD Provinsi dan tahun ke dua untuk BPPD pada tingkat Kabupaten/kota sebagai Koordinator Penguatan SIDa.

BPPD diharapkan dapat menjadi motor penggerak terjadinya koherensi, keterpaduan, dan gerakan penguatan sistem inovasi, khususnya di daerah, yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan (pemerintah, akademisi, pengusaha, masyarakat, dan legislatif), sehingga akan terjadi percepatan kemandirian dan peningkatan daya saing bangsa untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan dan berkeadilan melalui inovasi teknologi.

Adapun sasaran yang ingin dicapai adalah:

  1. Tersedianya data dan informasi dasar mengenai kapasitas dan kapabilitas kelembagaan kelitbangan daerah secara nasional;
  2. Tersedianya bahan rujukan dalam menentukan daerah yang mendapat fasilitasi penguatan kapasitas dan kapabilitas kelembagaan kelitbangan;
  3. Tersedianya bahan rujukan bagi berbagai pihak untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan fasilitasi peningkatan kapasitas BPPD sebagai koordinator dalam pengembangan dan penguatan SIDa.
  4. Bagi BPPD yang sudah berkinerja utama :
  • Adanya koordinasi dalam rangka mengimplementasikan SIDa dengan Perguruan Tinggi, PUI, STP dan Lembaga Penunjang Lainnya di daerah, yang dituangkan dalam bentuk kegiatan;
  • Terbentuknya jaringan yang kuat/kolaborasi antar unsur inovasi dalam rangka mengimplementasikan SIDa
  • Terbentuknya kegiatan bersama yang melibatkan seluruh unsur inovasi dalam meningkatkan potensi unggulan daerah
  • Telah melaksanakan pembinaan terhadap badan litbang Kabupaten/Kota terkait komoditas unggulan daerah dalam mengimplementasikan SIDa.

Add comment


Security code
Refresh