Kota Magelang dinyatakan sebagai salah satu Kota yang LOLOS dalam seleksi 5 (lima) besar Anugerah HAKTEKNAS 2017 dari 43 peserta tingkat Kabupaten Kota yang diseleksi sesuai dengan surat dari Direktur Sistem Inovasi Direktur Jendral Penguatan Inovasi Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi selaku Sekretaris Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) ke 22, tanggal 13 Juli 2917 Nomor : 36/F2/HT/2017 perihal Pengumuman 5 (lima) besar Anugerah Budhipraja tahun 2017.

Bertempat di Ruang Rapat Gedung BPPT 2 lantai 24, Jalan MH Thamrin No. 8, Jakarta 10340, pada Kamis, 20 Juli 2017, Kota Magelang melaksanakan paparan di depan Dewan Juri Anugerah Budhipraja bersama dengan 4 kabupaten/kota lain yang lolos dalam seleksi penghargaan nasional dalam litbang Iptek dan penguatan inovasi yang diadakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Dewan Juri terdiri dari 5 (Lima) orang pakar yang berasal dari Kementerian Perekonomian, Komisi Ekonomi Nasional, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri dan dua orang Kemeristekdikti RI.

Paparan Kota Magelang dilaksanakan oleh Wakil Walikota Magelang, Dra Windarti Agustina dengan didampingi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan bersama Kepala Sub Bidang Penguatan dan Harmonisasi Inovasi serta peneliti dari Balitbang Kota Magelang. Wakil Walikota Magelang memaparkan secara lengkap yang terdiri dari 6 (enam) aspek penilaian yaitu a)perencanaan; b)kapasitas SDM; c) Infrastruktur, sarana dan prasarana, metode kerja; d) budaya inovasi; e) sistem informasi dan dokumentasi; f) hasil inovasi.

 

 

Apresiasi, Antusias dan respon positif dari Dewan Juri cukup tinggi, hal ini dapat dilihat pada pertanyaan yang dilontarkan oleh empat juri dengan pertanyaan pertanyaan yang cukup kritis, diantaranya tentang praktik nyata pelaksanaan litbang Iptek dan penguatan inovasi dalam dokumen RPJMD, Implementasi Smart City di Kota Magelang, Inovasi pupuk cair, dampak nyata litbang Iptek dan penguatan inovasi terhadap peningkatan perekonomian, perbandingan implementasi  teknologi dalam meningkatkan pelayanan publik,   ketersediaan Pusat Inovasi di Kota Magelang dan bagaimana respon investor terhadap hasil-hasil inovasi di Kota Magelang.

Paparan tersebut kemudian oleh Dewan Juri akan dilakukan penilaian dengan menentukan peringkat 1 sampai dengan 3 yang selanjutnya akan diundang dalam peringatan puncak Hari Kebangkitan Teknologi Tahun 2017 yang akan dilaksanakan di Makasar pada tanggal 10 Agustus 2017. Semoga usaha bersama Pemerintah Kota Magelang bersama dengan stakeholder terkait mampu memberikan yang terbaik bagi Kota Magelang.

Admin : Andjar

Add comment


Security code
Refresh