Senin,  30 Juli 2018 Badan Penelitian dan Pengembangan kembali dikunjungi seperti beberapa waktu sebelumnya. Kunjungan kali ini oleh Rombongan Bidang Litbang Bappeda Kabupaten Pati, yang terdiri dari Kepala bidang dan para Kepala sub bidang. Maksud kunjungan dilakukan sharing tentang pelaksanaan Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova), Keberadaan Pejabat Fungsional Peneliti dalam melaksanakan kegiatan yang ada di Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Magelang, adanya Peraturan Daerah Kota Magelang nomor 5 tahun 2018 tentang Inovasi Daerah.

Kunjungan ditemui oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Magelang, beserta Sekretaris, Kepala Bidang, Kepala Sub Bagian, Kepala Sub Bidang. Dalam kunjungan dilakukan dalam suasana diskusi informal. Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kota Magelang memberikan sambutan dan beberapa hal terkait sejarah Badan Litbang dari mulai Bidang Litbang tahun 2000, Kantor Litbang tahun 2008 dan tahun 2017 berupa Badan Litbang.

Disamping itu kegiatan yang konsisten dilakukan sejak menjadi bidang sampai dengan Badan Litbang yang setiap waktu ditingkatkan dari sisi kuantitas dan kualitasnya. Inovasi yang dikembangkan berupa inovasi OPD – BUMD yang sudah dilakukan sejak tahun 2017 sebagai salah satu implementasi Perda Inovasi Daerah.

Komitmen Kepala Daerah, visi dan misi Kota Magelang menjadikan keberadaan Badan Litbang menjadi salah satu OPD yang perlu dibentuk dan ditingkat. Namun dalam memerlukan proses tidak dalam model instan sehingga kebutuhan terhadap pemeliharaan data yang dimiliki dengan keterbatasan SDM yang ada di Badan Litbang Kota Magelang.

Apresiasi dari Kepala Bidang Litbang, terkait keterbatasan SDM Badan Litbang namun mendapatkan pengakuan dari Kepala Daerah atas kredibilitas dan kapabilitas Badan Litbang Kota Magelang. Penghargaan yang diperoleh Kota Magelang membuat semangat untuk berkunjung ke Kota Magelang selain Kota Pekalongan. Meskipun Kantor Litbang Kab Pati sudah berdiri sejak tahun 2000, namun sejak bergabung di Bappeda kajian yang diimplementasikan lebih lanjut. Kabupaten Pati saat ini sudah memiliki Rencana Induk Kelitbangan, sedangkan untuk Perda Inovasi Daerah akan dilakukan secara bertahap mulai tahun 2019 yang akan datang dengan diawali dari Naskah Akademik. Disamping itu perlu adanya didiskusikan tentang Kajian yang dilakukan oleh Badan Litbang Kota Magelang.

Add comment


Security code
Refresh